Kereta Api Eropa (Prancis)

Alhamdulillah, admin untuk 3-4 tahun ke depan berkesaempatan untuk tinggal dan menuntut ilmu di #jantung Eropa, Prancis… in sya’allah akan diupdate pengetahuan admin tentang perkeretaapian Eropa, khususnya Prancis…

Moda transportasi berbasis rel di Prancis dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yakni: Metro untuk transportasi dalam kota, RER untuk transportasi ke luar kota Paris yang menjangkau daerah Ile de France (IDF) atau urban city-nya Paris; dan Tram yang menjangkau dan ada tak hanya di IDF menghubungkan kota dan area-area yang tak terjangkau jejaring RER, dan TGV yang melayani rute jarak jauh bahkan antarnegara di Eropa.

Sistem transportasi perkeretaapian Prancis kini dikelola oleh SNCF (Société nationale des chemins de fer français),  atau istilahnya “Perusahaan Nasional Kereta Api Perancis” adalah perusahaan nasional Perancis. Fungsinya mencakup penyelenggaraan jasa kereta api untuk penumpang dan barang, dan pemeliharaan sinyal dan infrastruktur rel.

sncf

Sebelumnya, perkeretaan di Prancis dikelola oleh Réseau Ferré de France (RFF), hingga pada 1 Januari 2015 bergabung dengan SNCF. Jaringan kereta api ini memiliki sekitar 32.000 km (20.000 mil) dari rute, dengan 1.800 km (1.100 mil) jalur kecepatan tinggi dan 14.500 km (9.000 mil) jalur listrik. Sekitar 14.000 kereta  dioperasikan setiap hari. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di arondisemen ke-14, Paris.

Setelah Gencatan Senjata Perang Dunia II di tahun 1940 sampai dengan Agustus 1944, SNCF mendapatkan pesanan untuk transportasi angkatan bersenjata Jerman, setelah sebelumnya Jerman harus bertanggung jawab atas penghancuran hampir 350 jembatan kereta api dan terowongan di Prancis.

 

Sumber: diadaptasi sebagian dari en.wikipedia.org dengan kata kunci pencarian “Réseau Ferré de France”

 

%d blogger menyukai ini: